Rabu, 18 Oktober 2017

UMPAN IKAN SORO / MAHSEER / KANCRA



 
Ikan Soro (Foto: dari Facebook teman)
Nama lain ikan Soro adalah kancra (Sunda), tambra (Jawa), sapan (Kalimantan), ihan batak atau curong (bahasa Toba), mahseer atau kelah (Malaysia). Nama “semah” populer dipakai di Sumatra bagian tengah hingga ke selatan.



Berdasarkan pengalaman saya, memancing ikan soro susah juga, kalau melihat di Youtube banyak para pemancing ikan soro / mahseer menggunakan cara casting. Tetapi di daerah Jawa kebanyakan menggunakan umpan alam untuk memancing ikan tambra/kancra/soro ini. Sejauh ini memancing menggunakan teknik casting ikan soro di daerah saya sulit juga didapat. 

Menurut saya Ikan soro bukan merupakan predator murni seperti halnya Ikan Hampala (Hampal; sunda)  ikan soro memang jenis ikan omnivora, terkadang memakan serangga seperti jangkrik, belalang atau hewan lain seperti cacing, Ulat daun pisang, Keong Sawah, Cangkilung (ulat bambu). Tapi dia juga memakan buah-buahan dan umbi-umbian, seperti buah kelapa sawit, jagung, singkong bakar (bubuy sampeu; sunda) ada juga yang menggunakan umpan pelet dari jagung yang dihaluskan dicampur telor bebek. Di beberapa tempat mungkin berbeda selera makanan ikan ini, saya pernah mencoba umpan menggunakan buah kelapa sawit, tidak ada ikan yang mau makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar